IBX592EBDAB2431E

Kataremuk akan memberikan beberapa konten menarik tentang masalah anak remaja yang sedang patah hati, bahagia dan banyak lainnya disini memberikan konten Ucapan, Puisi, Kata Kata, Pantun, Cerpen dan Contoh

Jumat, 16 Juni 2017

Beberapa Contoh Surat Kuasa Paling Bagus

Beberapa Contoh Surat Kuasa Paling Bagus –  Sebelum kamu mengenal format contoh surat kuasa yang benar, sebaiknya kamu tahu terlebih dahulu apa itu surat kuasa dan apa kegunaanya. Tidak hanya itu kamu juga harus mengerti mengenai hal-hal yang harus diperhatikan dalam membikin surat kuasa sebab apabila tersedia kesalahan dalam pembuatan surat kuasa ini bisa memenyesalkan anda.

Pengertian Surat Kuasa
Surat kuasa merupakan surat yang berisi pelimpahan kuasa alias wewenang  dari seseorang terhadap orang lain yang dipercaya supaya bisa bertindak sebagai wakil dari orang yang memberi wewenang dikarenakan orang yang memberbagi wewenang tak bisa melaksanakannya sendiri. Jadi kegunaan surat kuasa merupakan sebagai salah satu bukti bahwa orang yang disebutkan namanya dalam surat tersebut mempunyai hak ataupun keharusan untuk melaksanakan sesuatu sesuai dengan yang tertera dalam surat tersebut.

Surat Kuasa Personal (Perorangan) merupakan surat kuasa yang diberbagi seseorang dengan cara pribadi terhadap orang lain guna melaksanakan alias meperbuat sesuatu guna kepentingan pribadi dari sang pemberi kuasa. Contoh surat kuasa untuk mengambil gaji, dana pensiun, barang pesanan dan sebagainya.
Surat Kuasa Kedinasan merupakan surat kuasa yang dibangun instansi/perusahaan alias seorang pejabat/ceo yang diberbagi terhadap bawahanya untuk melaksanakan sesuatu yang berhubungan dengan instansi.
Surat Kuasa Istimewa merupakan surat kuasa yang diberbagi seseorang terhadap pihak lain, umpama pengacara guna menyelesaikan sebuahpersoalan yang berkaitan dengan pengadilan.

Berikut ini hal-hal yang butuh diperhatikan dalam membikin surat kuasa.

Surat kuasa personal (perorangan) dibangun berhubungan sebab yang bersangkutan tak bisa melaksanakan sendiri dan berdasarkan kepercayaan dan tanpa ada unsur paksaan.
Surat kuasa personal (perorangan) tak memerlukan nomor surat. Sedangkan untuk surat kuasa instansi harus tersedia nomor surat.
Surat kuasa untuk mengambil gaji, dana pensiun hendaknya diberbagi terhadap orang terdekat (anak, cucu, keluarga terdekat) alias terhadap orang yang sangatlah dipercaya. Dalam faktor ini tak diperlukan materai alias kertas segel  kecuali apabila dari pihak pemberi gaji mempunyai aturan tertentu.
Pihak pemberi kuasa maupun penerima kuasa harus telah dewasa dan sehat Jasmani dan Rohani.
Penyebutan bukti diri dalam faktor nama, alamat, pekerjaan dan sebagainya harus jelas.
Butuh dijelaskan maksut dan tujuan dari surat kuasa dan masa berlaku surat kuasa tersebut.
Harus dicantumkan tempat dan tanggal surat itu dibuat.
Surat kuasa dinyatakan sah apabila telah ditanda tangani oleh kedua belah pihak.
Khusus bagi surat kuasa kedinasan harus ada stempel dari organisasi/instansi yang bersangkutan.

Susunan Surat Kuasa
Dalam pembuatan surat kuasa ada berbagai hal-hal yang harus dicantumkan, merupakan:

nama dan alamat lengkap pemberi surat kuasa
bukti diri pemberi kuasa
bukti diri penerima kuasa
tujuan pemberian kuasa
tempat, tanggal, bulan dan tahun surat kuasa dibuat
jangka waktu berlakunya surat kuasa
tanda tangan
meterai/cap bila diperlukan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Beberapa Contoh Surat Kuasa Paling Bagus