IBX592EBDAB2431E

Kataremuk akan memberikan beberapa konten menarik tentang masalah anak remaja yang sedang patah hati, bahagia dan banyak lainnya disini memberikan konten Ucapan, Puisi, Kata Kata, Pantun, Cerpen dan Contoh

Selasa, 20 Juni 2017

Reksadana Pasar Uang Itu Adalah

Jika Anda sebelumnya sudah mengetahui bagaimana investasi reksadana, pasti Anda sudah mengenal reksadana pasar uang. Reksadana pasar uang adalah salah satu instrumen reksadana yang bisa Anda pilih untuk investasi. Jika dibandingkan dengan reksadana saham, campuran atau pendapatan tetap, tentu reksadana pasar uang ini memiliki keuntungan dan kelemahan sendiri-sendiri.

Nah pada artikel kali ini kita akan membedah apa sebenarnya reksadana pasar uang itu dan apa saja keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Lalu apakah reksadana pasar uang ini lebih baik dari deposito biasa?




Reksadana Pasar Uang
Reksadana pasar uang adalah investasi melalui perusahaan reksadana yang kemudian dananya akan dioleh manajer investasi untuk diinvestasikan di pasar uang. Jadi prosesnya adalah Anda mendaftar reksadana pasar uang di salah satu perusahaan reksadana. Setelah terjadi kesepatakan tentang biaya, keuntungan dan pencairan dana, Anda bisa mulai menyetorkan sejumlah uang per bulannya. Nantinya manajer investasi yang Anda pilih akan mengelola uang Anda di pasar uang.

Lalu apa sebenarnya pasar uang itu?
Pertanyaan kembali muncul adalah apa sebenarnya pasar uang itu? Pasar uang wadah pertemuan antara pemilik dana dengan calon konsumen baik langsung maupun melalui broker atas transaksi permintaan atau penawaran terhadap sejumlah dana atau surat-surat berharga jangka pendek.
Beberapa instrumen yang ada di dalam pasar uang antara lain:

  •         Surat Berharga Pasar Uang (SBPU), surat berharga yang diperjualbelikan dengan cara diskonto dengan Bank Indonesia atau lembaga keuangan lainnya
  •         Sertifikat Bank Indonesia (SBI), surat berharga berbentuk hutang jangka pendek yang diterbitkan oleh pemerintah
  •         Deposito, instrumen keuangan yang diterbitkan oleh bank atau simpanan nasabah dengan periode dan tingkat suku bunga tertentu

Jika Anda bingung tentang perbedaan pasar uang dan pasar modal. Untuk instrumen yang ada di pasar uang, hampir semua waktunya adalah jangka pendek atau kurang dari 270 hari. Sedangkan untuk pasar modal, periodenya biasanya lebih panjang. Selain itu untuk pasar modal, instrumen keuangan yang ada adalah saham dan obligasi.

Keuntungan yang ada di Reksadana Pasar Uang
Jika Anda masih ragu apakah ingin berinvestasi pada reksadana pasar uang atau tidak, sekarang kita mencoba membahas apa saja keuntungan yang ada di reksadana pasar uang.
  •     Keuntungan lebih tinggi dari deposito
Jika Anda berinvestasi pada instrumen deposito, Anda sudah pasti akan mendapatkan keuntungan pasti dari bunga. Biasanya bunga deposito ini sekitar 4% sampai 7% tergantung bank. Tetapi untuk reksadana pasar uang, keuntungan yang Anda dapat bisa lebih tinggi. Ini dikarenakan manajer investasi berinvestasi tidak pada 1 jenis investasi saja.
  •   Jumlah investasi lebih rendah
Ini juga yang akan menjadi keuntungan bagi Anda, yaitu jumlah investasi lebih rendah daripada deposito atau instrumen investasi lainnya. Pada reksadana pasar uang, Anda bisa berinvestasi mulai dari 100 ribu rupiah per bulan. Tentu jika Anda berinvestasi dalam jumlah yang kecil, Anda akan mendapatkan return yang kecil pula.
  • Tidak ada jangka waktu
Keuntungan selanjutnya adalah tidak ada jangka waktu untuk pengembalian dana. Jadi ketika Anda memutuskan untuk ikut reksadana pasar uang, Anda bisa bebas untuk menarik dana Anda tanpa denda. Ini sangat berbeda dengan deposito yang mengharuskan Anda untuk menunggu sampai batas waktu tertentu untuk mencairkan dana. Untuk masalah pencairan dana, prosesnya juga cukup cepat yaitu maksimal 7 hari kerja, dana Anda sudah langsung cair.

Jadi reksadana pasar uang ini sangat bagus untuk Anda yang masih belajar untuk berinvestasi. Anda bisa melakukan review dengan tidak begitu banyak mengeluarkan dana untuk investasi. Setelah Anda merasakan keuntungan dari reksadana pasar uang selama beberapa bulan, Anda baru bisa memutuskan untuk total di instrumen investasi tersebut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Reksadana Pasar Uang Itu Adalah