IBX592EBDAB2431E

Kataremuk akan memberikan beberapa konten menarik tentang masalah anak remaja yang sedang patah hati, bahagia dan banyak lainnya disini memberikan konten Ucapan, Puisi, Kata Kata, Pantun, Cerpen dan Contoh

Selasa, 28 November 2017

5 Fakta yang Harus Anda Ketahui Mengenai Promo Belanja Harbolnas

Hari Belanja Online Nasional lebih dikenal dengan sebutan Harbolnas yang mana ini merupakan sebuah event tahunan yang digelar pada bulan Desember dan diikuti oleh banyak sekali situs belanja online. Bagi para penggila belanja online, event ini sudah tidak asing lagi. Program ini sebenarnya bertujuan untuk mengedukasi dan memberi kampanye pada masyarakat bahwa belanja online itu memang benar-benar menguntungkan. Bagi Anda yang tidak ingin ketinggalan momen untuk berbelanja hemat, promo belanja Harbolnas jangan sampai Anda lewatkan. Sebab pada saat event ini berlangsung ada berbagai macam promo yang digelar mulai dari diskon, free ongkir, voucher dan sebagainya.

5 Fakta yang Harus Anda Ketahui Mengenai Promo Belanja Harbolnas



Meski demikian masih banyak orang yang belum paham apa itu Harbolnas dan serba-serbinya. Nah berikut ini adalah beberapa fakta menarik mengenai Harbolnas:

1. Harbolnas pertama kali digelar di tahun 2012.
Harbolnas pertama kali diadakan di tanggal cantik yakni 12-12-12 atau di 12 Desember 2012. Jumlah partisipannya pada saat itu hanyalah 7 situs e-commerce saja. Dikutip dari Daily Social, Harbolnas sebenarnya terbentuk secara tidak sengaja serta tidak terencana. Berawal dari obrolan di kedai kopi dan dengan modal sendiri, kemudian para CEO situs e-commerce tersebut mulai mengadakan meeting untuk membahas langsung rencana program Harbolnas serta mendapat dukungan dari sponsor utamanya yaitu Yahoo! dan salah satu provider seluler ternama di Indonesia.

2. Terinspirasi dari perayaan sejenis di luar negeri.
Harbolnas terinspirasi dari beberapa acara promo belanja yang digelar di luar negeri sebuta saja Black Friday di Amerika Serikat, Cyber Monday serta Online Fever. Dimana pada momen itu, semua toko baik online maupun offline semua memberikan beragam penawaran yang menarik serta membuka toko lebih lama dari biasanya. Apa tujuannya? Tujuannya adalah untuk meningkatkan omset penjualan. Begitu juga halnya dengan event promo belanja Harbolnas yang digelar di Indonesia. Selain itu, Harbolnas juga bertujuan untuk mengkampanyekan belanja online pada masyarakat Indonesia.

3. Peserta perayaan Harbolnas meningkat pesat.
Dari awalnya di tahun 2012 yang hanya digelar di 7 situs belanja online e-commerce di Indonesia, namun dari tahun ke tahun, jumlah partisipannya terus melonjak. Tahun 2013 jumlah pesertanya 22, tahun 2014 diikuti 78 situs e-commerce, tahun 2015 melonjak jadi 142 e-commerce dan pada tahun lalu tercatat 211 situs e-commerce telah menjadi partisipan dari event Harbolnas ini. Hal ini pun berbanding lurus dengan peningkatan jumlah konsumen belanja online.
4. Mulanya lebih dikenal dengan perayaan 121212.
Karena pada saat itu event Harbolnas hanya digelar selama 24 jam saja, yaitu tepat di tanggal 12 Desember 2012. Namun sekarang ini event Harbolnas bukan hanya digelar selama seharian penuh saja, bahkan hampir semua situs belanja menggelar pra-event dan juga post-event untuk menyambut perayaan akbar belanja online ini. Jadi jangan heran, ada situs belanja yang sudah menggelar penawaran menarik 3 hari sebelum Harbolnas menuju puncak perayaannya.

5. Fashion jadi favorit konsumen.
Mengutip data dari Nielsen, meski ada banyak sekali penawaran menarik di promo belanja Harbolnas ini namun yang paling jadi favorit adalah kategori fashion, berikut setelahnya gadget dan peralatan elektronik rumah. Dilihat dari sisi demografinya, penikmat event Harbolnas ini berada pada rentang usia 25-44 tahun dengan pendapatan di atas 4 juta. Tahun 2015, sebanyak kurang lebih 39% customer tahu ada event Harbolnas dari siaran TV dibandingkan dari internet.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Fakta yang Harus Anda Ketahui Mengenai Promo Belanja Harbolnas