IBX592EBDAB2431E

Kataremuk akan memberikan beberapa konten menarik tentang masalah anak remaja yang sedang patah hati, bahagia dan banyak lainnya disini memberikan konten Ucapan, Puisi, Kata Kata, Pantun, Cerpen dan Contoh

Sabtu, 01 September 2018

Tips Memilih Asuransi Travel Yang Tepat


Banyak sekali masyarakat Indonesia yang sering melakukan perjalanan ke luar negeri, entah untuk berlibur ataupun adanya bisnis di luar negeri. Namun pernahkan anda terpikirkan untuk menggunakan asuransi travel ketika anda akan bepergian ke luar negeri? Jika tidak, mengapa? Sebenarnya ada banyak sekali manfaat dari asuransi ketika anda sedang bepergian jauh hingga ke negeri orang. Seperti yang anda ketahui bahwa yang namanya musibah merupakan suatu kejadian yang tidak diketahui kapan dan dimana akan terjadi, tidak diketahui juga siapa saja yang akan tertimpa musibah. Setidaknya dengan adanya asuransi, anda dapat melakukan perjalanan dengan lebih nyaman tanpa ada rasa khawatir.

Tips Memilih Asuransi Travel Yang Tepat

                Apabila anda tertarik untuk menggunakan asuransi travel untuk perjalanan anda, anda harus mengetahui berbagai jenis asuransi yang ada. Salah satu jenis asuransi perjalanan yang paling sering digunakan ketika ke luar negeri adalah jenis internasional. Asuransi perjalanan internasional akan melindungi anda dari berbagai resiko medis dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Ada pula asuransi tahunan yang dapat digunakan untuk perjalanan domestik dan juga perjalanan internasional sepanjang tahun. Apabila anda hanya akan melakukan perjalanan di Indonesia saja, anda bisa menggunakan asuransi domestik. Sedangkan khusus untuk mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di luar negeri bisa menggunakan student assist.

                Untuk mendapatkan asuransi travel, anda tidak perlu datang ke kantor asuransi tersebut. Dengan kemajuan teknologi, saat ini anda sudah dapat mendaftar asuransi secara online. Anda tinggal masuk ke website pihak asuransi yang telah anda pilih dan mengisi formulir online yang tersedia. Setidaknya dalam formulir tersebut anda akan diminta untuk mengisi data diri anda, negara atau daerah tujuan perjalanan anda serta lama perjalanan. Kemudian anda bisa memilih jenis asuransi perjalanan apa yang akan anda gunakan. Untuk pembayaran anda bisa menggunakan kartu kredit. Apabila masih ada banyak hal yang ingin anda tanyakan seputar jenis-jenis asuransi tersebut, memang lebih nyaman apabila anda dapat bertanya langsung kepada pihak asuransi tersebut dengan datang ke kantor pusat atau kantor cabangnya. Anda dapat bertanya sepuasnya seputar asuransi perjalanan. Apabila memang di daerah anda tidak ada kantor asuransi tersebut, anda dapat bertanya melalui telepon.

                Untuk harga asuransi travel, setiap pihak asuransi menetapkan harga yang berbeda-beda. Yang pasti harga asuransi perjalanan yang akan anda tanggung tidak akan lebih mahal dari biaya perjalanan anda, bahkan tidak sampai satu persennya. Maka dari itulah jangan ragu-ragu untuk menggunakan asuransi. Ada beberapa negara yang mungkin mewajibkan para wisatawan yang mengunjungi negaranya untuk menggunakan asuransi perjalanan, salah satunya adalah negara-negara di Eropa. Maka dari itulah jangan lupa untuk memasukkan biaya asuransi kedalam biaya perjalanan yang akan anda keluarkan selama pergi ke luar negeri, terutama Eropa.

                Sebelum anda memilih asuransi travel mana yang akan anda gunakan, anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangan dari asuransi yang anda gunakan, harga, fasilitas yang anda dapatkan dan juga kemudahan dalam klaim. Berikut ada tips-tips yang dapat anda gunakan untuk mempermudah anda dalam memilih asuransi.

·         Durasi Perjalanan
Perlindungan dari asuransi akan dimulai sesuai dengan tanggal yang tertulis dalam polis asuransi. Maka dari itulah usahakan untuk memulai perjalanan sesuai dengan waktu yang sudah anda rencanakan, jangan sampai terlambat karena nantinya yang rugi anda sendiri. Misalnya saja tanggal yang tertulis di polis asuransi adalah 1 agustus, akan tetapi anda baru berangkat ke luar negeri tanggal 3 agustus. Maka anda sudah rugi 2 hari karena anda tetap membayar premi asuransi selama 2 hari tersebut walaupun sebenarnya anda belum melakukan perjalanan.

·         Kebutuhan
Apabila anda hanya akan bepergian satu kali ini saja, maka anda bisa menggunakan jenis asuransi perjalanan yang biasa. Akan tetapi bila anda berencana bepergian beberapa kali dalam satu tahun, sebaiknya anda mengambil asuransi tahunan. Selain itu ketika anda bepergian bersama banyak orang, anda bisa menggunakan asuransi dengan premi yang rendah agar tidak membebani budget yang sudah anda susun. Anda pun bisa memilih fasilitas-fasilitas asuransi apa yang anda inginkan, misalnya saja anda hanya akan bepergian di Indonesia dan anda sudah memiliki asuransi kesehatan. Maka ketika anda membeli asuransi perjalanan, anda bisa mencari asuransi yang tidak mencakup biaya kesehatan, cari produk asuransi lainnya seperti yang menanggung kehilangan bagasi, kecelakaan ataupun keterlambatan pesawat.

·         Tempat Tujuan
Biasanya pihak asuransi tidak akan memberikan perlindungan ketika anda bepergian ke daerah-daerah konflik, daerah rawan bencana ataupun wisata alam liar. Karena itulah sebaiknya anda mencari asuransi yang mencakup daerah-daerah tersebut apabila memang anda harus datang ke daerah tersebut. Mungkin harga premi yang dibayarkan sedikit lebih mahal, namun demi keselamatan anda tentu lebih baik tetap menggunakan asuransi bukan?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Memilih Asuransi Travel Yang Tepat