IBX592EBDAB2431E

Kataremuk akan memberikan beberapa konten menarik tentang masalah anak remaja yang sedang patah hati, bahagia dan banyak lainnya disini memberikan konten Ucapan, Puisi, Kata Kata, Pantun, Cerpen dan Contoh

Sabtu, 03 Oktober 2020

TIPS DALAM PERAWATAN PANEL SURYA DENGAN BENAR

Kunci perawatan sistem panel surya adalah membuatnya tetap kuat, berfungsi secara proporsional, efisien, dan struktur yang efektif. Untungnya, panel surya dianggap tahan banting karena meski telah digunakan selama dua puluh tahun, efektivitasnya masih berada di kisaran 92%. Tetap saja, panel surya butuh perhatian lebih. Berikut ini tips perawatan sistem panel surya yang perlu diketahui.

TIPS DALAM PERAWATAN PANEL SURYA DENGAN BENAR

1.        Menjaga panel surya tetap bersih

Hal terpenting dalam merawat panel surya adalah menjaganya tetap bersih dari kotoran. Perawatan rutin wajib dilakukan. Kalau perlu dilakukan secara berkala, misalnya harian, mingguan, atau bulanan. Beberapa pengguna panel surya ada yang melakukan pengecekan secara tahunan, namun cara ini hanya berlaku jika kondisi sekitar rumah yang dipasangi panel surya benar-benar bebas dari ancaman kotoran, debu, atau objek yang menghalangi sinar matahari sebagai sumber tenaga.

2.        Air untuk membersihkan panel surya

Membersihkan panel surya harus menggunakan air bersih. Beberapa ahli berpendapat agar tidak menggunakan air panas untuk membersihkan panel surya, sebab air panas akan lebih cepat menguap. Jika menggunakan alat pembersih dengan sabun cair, ada baiknya air telah tercampur dengan sabun tersebut. Hindari sabun cair bersentuhan langsung dengan panel surya karena zat yang terkandung dalam sabun cair, apabila terpapar dengan material panel surya secara langsung, dikhawatirkan zat berbahaya tersebut malah membekas dan sulit dibersihkan.

3.        Gunakan sikat dari bahan halus

Menggunakan sikat dari material yang keras tidak baik untuk panel surya Anda. Oleh karena itu, gunakanlah sikat berbahan lembut. Anda bisa memanfaatkan kain lap pel atau kanebo. Sebab, apabila panel surya tergores bisa menyebabkan usia panel surya lebih pendek karena mempengaruhi efektivitas dalam menyerap paparan sinar matahari sebagai sumber energi utama.

4.        Menyeka panel surya saat masih basah

Saat membersihkan panel surya, jangan biarkan air pada panel surya mengering dengan sendirinya. Siapkanlah penyeka yang bersih dan langsung keringkan sebelum mengering dengan sendirinya. Perlu diingat bahwa penyeka haruslah berbahan halus agar tidak menyebabkan goresan pada panel surya. Memastikan air pada panel surya tidak mengering akibat paparan sinar matahari sangatlah penting. Sebab, jika diabaikan bisa membekas sehingga mempengaruhi serapan sinar matahari oleh panel surya.

5.        Lakukan pada pagi atau sore hari

Pada siang hari, panel surya bisa berada dalam kondisi panas karena tengah bekerja menyerap panas matahari itu sendiri. Ini bisa mengganggu Anda yang hendak melakukan pembersihan. Waktu yang tepat untuk membersihkan panel surya adalah di pagi atau sore hari. Bila terpaksa melakukannya di siang hari, pastikan cuaca sedang dalam keadaan relatif sejuk.

6.        Memonitor kinerja sistem panel surya

Anda harus memiliki atau memasang sistem monitor untuk menjaga kinerja panel surya. Dari alat ini, Anda bisa mengetahui rekam jejak energi yang diproduksi oleh panel surya dengan lebih presisi dan real-time. Sistem monitor juga bisa memberitahukan Anda data lengkap mengenai seberapa bermanfaatnya panel surya Anda untuk lingkungan sekitar, seperti kandungan karbondioksida dan gas emisi. Dengan sistem monitor ini, diagnosis akan lebih mudah dilakukan karena memberitahu Anda apa-apa saja yang tidak bekerja sebagaimana mestinya.

7.        Gunakan jasa profesional

Di awal artikel disebutkan bahwa memelihara panel surya tidaklah rumit dan bisa dikerjakan oleh siapa saja, Akan tetapi, tidak ada salahnya memanfaatkan jasa profesional atau ahli. Seperti Penyedia Panel Surya selain perawatan bisa lebih maksimal, Anda juga bisa bertanya mengenai saran dan keluhan yang Anda temui langsung kepada ahlinya.

Beberapa jasa penyedia panel surya menawarkan pengecekan kepada konsumennya, salah satunya adalah Layanan sewatama tak cuma perawatan, Sewatama juga berkomitmen memberikan end-to-end services kepada pelanggan mencakup layanan konsultasi, survei, instalasi sistem, dan pemantauan. Tak cuma memastikan sistem panel surya bekerja dengan baik, Sewatama akan melakukan pemantauan kinerja secara rutin. Deteksi kejanggalan kinerja sistem panel surya dan perawatan berkala juga menjadi servis utama sewatama kepada konsumen.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : TIPS DALAM PERAWATAN PANEL SURYA DENGAN BENAR