Gangguan Pendengaran dan Tanda-Tanda Yang Perlu Anda Ketahui

Gangguan pendengaran merupakan salah satu gangguan telinga yang biasanya disebabkan oleh faktor usia dan juga sering terpapar suara yang terlalu nyaring/keras. Pendengaran bisa dikatakan terganggu jika sinyal suara yang masuk gagal mencapai otak. Biasanya gangguan pendengaran yang terjadi berkembang secara perlahan dan bertahap, tapi hilangnya kemampuan pendengaran bisa saja muncul tiba-tiba. Suara-suara yang mempunyai tingkat kebisingan mencapai 79 desibel masih bisa dikelompokkan suara yang aman diterima bagi telinga manusia.

Gangguan Pendengaran dan Tanda-Tanda Yang Perlu Anda Ketahui
Gangguan pendengaran memang dapat terjadi secara tiba-tiba, tetapi seringkali terjadi secara bertahap dan jarang disadari pada tahap awalnya. Untuk itu, perlu dilakukan pemeriksaan secara rutin dan kenali beberapa ciri ciri gangguan pendengaran yang sering terjadi.  Beberapa tanda awal dan gejala gangguan pendengaran antara lain yaitu selalu meminta orang lain untuk mengulangi apa yang mereka katakan, merasa stress akibat harus konsentrasi saat mendengarkan orang lain, mengalami kesulitan saat mendengar dering atau bel pintu, mendengar musik atau suara televisi dengan volume yang tidak biasa, serta sulit untuk menentukan sumber suara yang datang.

Gangguan pendengaran secara tidak langsung menghambat aspek kehidupan sehari-hari.  Salah satu solusi yang tepat yaitu menggunakan alat bantu dengar.  Penggunaan alat bantu dengar yang bagus dapat meningkatkan intensitas suara yang masuk ke dalam telinga sehingga gangguan  pendengaran tidak lagi menghambat aktivitas anda.  Sebelum menggunakan alat bantu dengar, alangkah baiknya melakukan tes pendengaran di pusat alat bantu dengar terlebih dahulu.  Dengan demikian, pemilihan alat bantu dengar dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat gangguan pendengaran yang dialami.

Berbagai solusi yang tersedia terkait gangguan pendengaran sekarang ini tidak hanya disediakan bagi penderita lansia saja, tetapi  telah mencakup untuk anak-anak dan orang dewasa sekalipun.  Alat bantu dengar yang digunakan lansia tentunya berbeda denga yang digunakan pada anak-anak maupun orang dewasa.  Oleh karena itu, menjaga kesehatan pendengaran sejak dini harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup sejak kecil, remaja hingga saat usia lanjut nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Ide Resolusi Bisnis di Tahun 2019 yang Bisa Anda Coba!

Next Post

2 Buah yang Bisa Dimanfaatkan Untuk Menjaga Saluran Cerna

Related Posts