Ini Dia Langkah-langkah Mencuci Mobil yang Benar dan Tepat untuk Anda Lakukan

Memiliki mobil sendiri tentunya perlu perawatan yang rutin. Salah satunya adalah mencucinya. Terkadang malas untuk pergi ke tempat cuci mobil dan lebih memilih mencuci mobil di rumah. Mencuci mobil ternyata tidak bisa sembarangan karena akan beresiko pada kerusakan eksteriornya. Jadi perlu diketahui langkah-langkah yang benar dalam mencuci mobil sehingga mobil tetap terawat dan terjaga kebersihannya.

Poin utama dalam mencuci mobil adalah peralatan yang digunakan, tempat mencuci dan air yang digunakan. Peralatan yang digunakan untuk mencuci mobil adalah peralatan yang khusus berupa spons, kain lap dan shampo. Ketiganya merupakan peralatan khusus mobil jadi spons yang digunakan lebih baik jangan menggunakan spons lain seperti spons pencuci piring. Hal tersebut dikarenakan serat spons berbeda dan malah bisa menggores mobil. Begitu pula dengan lap san shampo.

Ini Dia Langkah-langkah Mencuci Mobil yang Benar dan Tepat untuk Anda Lakukan
Langkah kedua setelah mempersiapkan peralatan adalah membasahi mobil dengan air bersih. Setelah mobil dibasahi jangan langsung diberi sabun. Diamkan beberapa saat hingga noda tanah dan debu yang menempel pada mobil lebih lunak dan mudah dibersihkan nantinya. Setelah itu, semprot mobil menggunakan air yang berkekuatan tinggi. Fungsinya adalah agar kotoran yang menempel pada mobil bisa terlepas dengan mudah.

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan dua buah ember. Salah satu ember diisi dengan air sabun khusus mobil dan ember lainnya diisi dengan air untuk membilas spons atau kain lap yang digunakan. Gosok permukaan mobil secara hati-hati dan merata hingga bagian-bagian yang sulit. Bilas spons atau kain lap sesering mungkin agar bersih. Setelah seluruh bagian di sabun selanjutnya bilas dengan air bersih dan keringkan. Proses mengeringkan mobil dilakukan segera setelah mobil dibilas agar air tidak mengering dengan sendirinya. Gunakan lap yang kering dan bersih untuk mengeringkan mobil.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mencuci mobil adalah jangan mencuci mobil di bawah terik matahari. Cucilah mobil di tempat yang teduh. Hal itu karena jika mencuci mobil di bawah terik matahari, akan memunculkan noda kering yang berasal dari sabun atau air yang mengering sebelum sempat di lap. Bukannya mobil menjadi bersih justru malah terlihat kotor akibat noda kering tersebut. Jadi usahakan untuk mencuci mobil di tempat teduh atau di waktu pagi hari sebelum matahari menyinari halaman tempat mencuci mobil. Mencuci mobil sebaiknya juga dilakukan secara berkala dan rutin. Pada musim hujan pencucian mobil sebaiknya lebih sering dilakukan. Bukan hanya karena pada musim hujan lebih banyak yang menempel, tetapi juga karena air hujan yang bersifat keras terhadap komponen mobil. Komponen mobil bisa lebih rentan berkarat dan rusak apabila terkena hujan. Jadi air hujan harus segera dibilas menggunakan air bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Penerangan Cara Menulis Proposal Yang Baik

Next Post

Tips Penggunaan Jilbab Segi Empat Terbaru Agar Terlihat Lebih Elegan

Related Posts