Reksadana Pasar Uang Itu Adalah

Jika Anda sebelumnya sudah mengetahuibagaimana investasi reksadana, pasti Anda sudah mengenal reksadana pasar uang.Reksadana pasar uang adalah salah satu instrumen reksadana yang bisa Anda pilihuntuk investasi. Jika dibandingkan dengan reksadana saham, campuran ataupendapatan tetap, tentu reksadana pasar uang ini memiliki keuntungan dankelemahan sendiri-sendiri.

Nah pada artikel kali ini kita akanmembedah apa sebenarnya reksadana pasar uang itu dan apa saja keuntungan yangbisa Anda dapatkan. Lalu apakah reksadana pasar uang ini lebih baik darideposito biasa?

ReksadanaPasar Uang

Reksadanapasar uang adalah investasi melalui perusahaan reksadana yang kemudiandananya akan dioleh manajer investasi untuk diinvestasikan di pasar uang. Jadiprosesnya adalah Anda mendaftar reksadana pasar uang di salah satu perusahaanreksadana. Setelah terjadi kesepatakan tentang biaya, keuntungan dan pencairandana, Anda bisa mulai menyetorkan sejumlah uang per bulannya. Nantinya manajerinvestasi yang Anda pilih akan mengelola uang Anda di pasar uang.

Laluapa sebenarnya pasar uang itu?

Pertanyaan kembali muncul adalah apa sebenarnyapasar uang itu? Pasar uang wadah pertemuan antara pemilik dana dengan calonkonsumen baik langsung maupun melalui broker atas transaksi permintaan ataupenawaran terhadap sejumlah dana atau surat-surat berharga jangka pendek.

Beberapa instrumen yang ada di dalam pasaruang antara lain:

  •         SuratBerharga Pasar Uang (SBPU), surat berharga yang diperjualbelikan dengan caradiskonto dengan Bank Indonesia atau lembaga keuangan lainnya
  •         SertifikatBank Indonesia (SBI), surat berharga berbentuk hutang jangka pendek yangditerbitkan oleh pemerintah
  •         Deposito,instrumen keuangan yang diterbitkan oleh bank atau simpanan nasabah denganperiode dan tingkat suku bunga tertentu

Jika Anda bingung tentang perbedaan pasaruang dan pasar modal. Untuk instrumen yang ada di pasar uang, hampir semuawaktunya adalah jangka pendek atau kurang dari 270 hari. Sedangkan untuk pasarmodal, periodenya biasanya lebih panjang. Selain itu untuk pasar modal,instrumen keuangan yang ada adalah saham dan obligasi.

Keuntunganyang ada di Reksadana Pasar Uang

Jika Anda masih ragu apakah inginberinvestasi pada reksadana pasar uang atau tidak, sekarang kita mencobamembahas apa saja keuntungan yang ada di reksadana pasar uang.

  •     Keuntunganlebih tinggi dari deposito

Jika Anda berinvestasipada instrumen deposito, Anda sudah pasti akan mendapatkan keuntungan pastidari bunga. Biasanya bunga deposito ini sekitar 4% sampai 7% tergantung bank.Tetapi untuk reksadana pasar uang, keuntungan yang Anda dapat bisa lebihtinggi. Ini dikarenakan manajer investasi berinvestasi tidak pada 1 jenisinvestasi saja.

  •   Jumlahinvestasi lebih rendah

Ini juga yang akan menjadikeuntungan bagi Anda, yaitu jumlah investasi lebih rendah daripada depositoatau instrumen investasi lainnya. Pada reksadana pasar uang, Anda bisaberinvestasi mulai dari 100 ribu rupiah per bulan. Tentu jika Anda berinvestasidalam jumlah yang kecil, Anda akan mendapatkan return yang kecil pula.

  • Tidak adajangka waktu

Keuntungan selanjutnyaadalah tidak ada jangka waktu untuk pengembalian dana. Jadi ketika Andamemutuskan untuk ikut reksadana pasar uang, Anda bisa bebas untuk menarik danaAnda tanpa denda. Ini sangat berbeda dengan deposito yang mengharuskan Andauntuk menunggu sampai batas waktu tertentu untuk mencairkan dana. Untuk masalahpencairan dana, prosesnya juga cukup cepat yaitu maksimal 7 hari kerja, danaAnda sudah langsung cair.

Jadi reksadana pasar uang ini sangat bagusuntuk Anda yang masih belajar untuk berinvestasi. Anda bisa melakukan review dengan tidak begitu banyakmengeluarkan dana untuk investasi. Setelah Anda merasakan keuntungan darireksadana pasar uang selama beberapa bulan, Anda baru bisa memutuskan untuktotal di instrumen investasi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

5 Tata Cara Memilih Tempat Jual Produk Perawatan Wajah Terbaik yang Bisa Diandalkan

Next Post

Rahasia Mendapatkan Pantun Gombal Untuk Wanita

Related Posts