Rumah Sakit Hikmah Makassar: Cara Menjaga Kesehatan Mata dengan Mudah

Mata merupakan salah satu organ manusia yang penting untuk menjalankanberbagai kegiatan. Mata berguna sebagai ekspresi emosi yang dirasakan,memberikan nilai penampilan akan kepribadian seseorang, rasa syukur terhadapkeindahan, mengawasi berbagai hal yang dapat membahayakan, untuk dapat belajarbanyak hal dan menjadi identitas untuk seseorang. Masalah pada mata bisa sajaterjadi pada manusia, jika mengalami gangguan pada mata segera kunjungi Rumah Sakit Hikmah Makassar. Bagian luar mata terdiri atas bulu mata yang dapat menyaring cahaya,alis mata untuk menahan keringat, kelopak mata sebagai penutup dan pelindungmata, dan kelenjar air mata sebagai penjaga lembanya mata.

Rumah Sakit Hikmah Makassar: Cara Menjaga Kesehatan Mata dengan Mudah
Struktur mata untuk bagiandalam seperti kornea memiliki fungsi dalam melindungi mata dan menjadi bagiansensitif untuk membantu mata dalam melakukan fokus terhadap bayangan retina.Lensa mata yang dapat memberikan fokus terhadap cahaya yang masuk melaluibagian belakang tepat bagian retina. Terdapat juga iris sebagai pemberi warnamata dan mengatur terjadinya pembesaran pupil, pupil memiliki fungsi sebagaipenentu kuantitas cahaya dan pupil dapat melebar jika cahaya gelap danmenyempit jika cahaya terang. Mata memiliki retina yang berfungsi dalammenangkap dan meneruskan cahaya yang masuk hingga ke saraf mata, syaraf optikpada mata dapat merangsang cahaya dari retina menuju otak, terdapat juga spotkuning pada bagian mata sehingga akan lebih peka terhadap respon dari luar.

Berikut adalah cara menjagamata:

  • Rutin melakukan pemeriksaan mata setidaknya melakukannya 2 tahun sekali, untuk orang dewasa berusia 40 tahun setidaknya melakukan pemeriksaan sekali dalam setahun hal ini sebagai tindakan dalam mencegah penyakit galukoma maupun katarak.

  • Mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin C, A dan E, selenium, asam lemak omega 3 dan lutein yang baik untuk menghindari makula dan katarak, dapat ditemukan pada makanan sayuran hijau, jeruk, telur, tuna maupun kacang-kacangan.

Selain itu memakai kacahitam penting untuk menghindari mata dari sinar ultraviolet yang dapat membuatmata mengalami rasa terbakar pada kornea dan menyebabkan kanker mata. Mulaimenghindari dari merokok karena dapat menimbulkan tertimbunnya plak dalampembuluh darah dan menjadi penyebab lemahnya arteri dan membuat seranganjantung terjadi. Untuk wanita yang menyukai make up terutama pada bagian matasebaiknya membuang atau mengganti peralatan make up dan rajin membersihkan makeup sehingga tidak menyebabkan iritasi pada bagian mata. Selain itu, tetap rajinberolahraga karena penglihatan dapat berkurang karena terjadi peningkatantekanan darah, kolesterol maupun diabetes dalam tubuh.

Berikut adalah kesalahanyang dilakukan dalam menjaga mata:

  • Menggunakan kontak lensa pada mata terlalu lama yang membuat penumpukan pada jaringan film sehingga menghalangi masuknya oksigen dalam kornea.

  • Mengucek mata saat benda asing masuk dalam mata akan membuat mata bagian dalam dapat luka.

  • Melakukan kegiatan bertukang tanpa menggunakan kacamata pelindung sehingga akan membuat partikel masuk dalam mata dan merusaknya.

Selain itu saat berada diluar ruangan dan dibawah matahari tidakmenggunakan kacamata pelindung dari matahari dan membuat debu masuk dalam mata.Menggunakan kontak lensa ketika berada di bathtub atau kolam renang akanmembuat parasit masuk dan merusak berbagai penglihatan pada mata. Tidakmelakukan konsultasi ketika merasa sesuatu yang salah pada mata akan memberikandampak buruk pada mata. Sehingga Rumah Sakit Hikmah Makassar memberikanpengobatan dan penanganan terhadap berbagai penyakit mata untuk penderitanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Tips Membeli Kendaraan Niaga Bagi Pebisnis Agar Lebih Untung

Related Posts